Arsitektur Perbankan Indonesia

PENGERTIAN API
Merupakan suatu kerangka dasar pengembangan sistem perbankan Indonesia yang bersifat menyeluruh untuk rentang waktu lima sampai sepuluh tahun kedepan.
Dengan tujuan untuk memperkuat fundamental industri perbankan di Indonesia, bank Indonesia mulai tahun 2004 berusaha menerapkan API.

VISI API
Menciptakan sistem perbankan yang sehat, kuat dan efisien
Menciptakan kestabilan sistem keuangan,
Mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Krisis ekonomi di Indonesia mulai pertengahan 1997 telah menimbulkan kesadaran bahwa API adalah kebutuhan yang mendesak bagi perbankan Indonesia dalam rangka memperkuat fundamental industri perbankan.

KEENAM PILAR API
1.    Menciptakan struktur perbankan domestik yang sehat yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendorong pembangunan ekonomi nasional yang berkesinambungan.
2.      Menciptakan sistem pengaturan dan pengawasan bank yang efektif dan mengacu pada standar Internasional
3.      Menciptakan industri perbankan yang kuat dan memiliki daya saing yang tinggi serta memiliki ketahanan dalam menghadapi resiko.
4.Menciptakan good corporate governance dalam rangka memperkuat kondisi internal  perbankan nasional.
5.Mewujudkan infrastruktur yang lengkap untuk mendukung terciptanya industri perbankan yang sehat.
6.Mewujudkan pemberdayaan dan perlindungan konsumen jasa perbankan.

Keenam pilar tersebut dirancang untuk menunjang pencapaian visi API.

TANTANGAN API KEDEPAN
–  Pertumbuhan Kredit perbankan yang masih rendah.
–  Struktur Perbankan yang belum Optimal.
–  Pemenuhan Kebutuhan layanan perbankan yang masih kurang.
–  Pengawasan bank yang masih perlu ditingkatkan.
– Kapabilitas perbankan yang masih lemah.
–  Profitabilitas dan efisiensi bank yang tidak mampu bertahan.
–  Perlindungan nasabah yang masih harus  ditingkatkan.
–  Perkembangan teknologi Informasi.

PROGRAM KEGIATAN API
–  Program penguatan struktur perbankan Nasional.
–  Program peningkatan kualitas pengaturan Perbankan.
–  program peningkatan fungsi pengawasan.
–  program peningkatan kualitas manajemen dan operasional perbankan.
–  Program pengembangan infrastruktur perbankan.
–  Program peningkatan perlindungan nasabah.

Hal tersebut ditempuh dalam kurun waktu 5-10 Th (2004 hingga 2013)

Explore posts in the same categories: API

Tag: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: