Pengertian Lembaga Keuangan

Lembaga Keuangan Adalah “Setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkan dana atau kedua-duanya”.

Artinya kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan sealu berkaitan dengan bidang keuangan, apakah kegiatannya hanya menghimpun dana atau hanya menyalurkan dana atau kedua-duanya menghimpun dan menyalurkan dana.

Lembaga keuangan terdiri dari :

 Lembaga Keuangan Bank
-. Bank Sentral
-. Bank Umum
-. BPR
 Lembaga Keuangan Lainnya
-. Pasar Modal -. Asuransi
-. Pasar Uang & Valas -. Anjak Piutang
-.Koperasi Simpan Pinjam -. Modal Ventura
-. Pegadaian -. Dana Pensiun
-. Leasing -. Kartu Plastik

BANK SENTRAL
Bank Sentral Indonesia dilaksanakan oleh bank Indonesia, dan memegang fungsi sebagai bank sirkulasi, bank to bank dan lender of the last resort. Biasanya pelayanan yang dilakukan oleh bank Indonesia lebih banyak kepada pihak pemerintah dan dunia perbankan.
Tujuan Utama Bank Indonesia sebagai bank Sentral adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk itu Bank Sentral mempunyai tugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem devisa serta mengatur dan mengawasi bank.

BANK UMUM
Bank Umum Merupakan bank yang bertugas melayani seluruh jasa-jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat, baik masyarakat perorangan maupun lembaga-lembaga lainnya.
Bank Umum dikelompokkan menjaddi dua jenis, yaitu bank umum yang berstatus devisa dan bank umum non devisa. Bank umum yang berstatus devisa memiliki produk yang lebih luas dari pada yang berstatus non devisa, antara lain dapat melaksanakan jasa yang berhubungan dengan seluruh mata uang asing atau jasa bank ke luar negeri.

BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)
BPR Merupakan bank yang khusus melayani masyarakat kecil di kecamatan dan pedesaan. BPR berasal dari Bank Desa, Bank Pasar, Lumbung Desa, Bank Pegawai, dan bank lainnya yang kemudian dilebur menjadi BPR.

Jenis Produk yang ditawarkan relatif sempit dibandingkan dengan bank Umum, bahkan ada beberapa janis jasa bank yang tidak boleh diselenggarakan oleh BPR seperti pembukaan rekening giro dan ikut kliring.

Explore posts in the same categories: Perbankan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: